Kamis, 25 Februari 2010

HYPNOSIS, ANTARA BARAT dan TIMUR

Ketika banyak orang berbondong – bondong belajar hipnosis, yang berkiblat dari ilmu barat ternyata budaya Indonesia sudah sangat mengenal ‘teknik hipnosis’ dalam kehidupan mereka. Ketika ibu menidurkan anaknya dengan lagu timang – timang merupakan prosesi ‘hipnosis’ bagi anaknya. Ketika ibu memegang kepala anaknya dan mengatakan “besok yen gedhe dadi uwong ya lee…” (besok kalau sudah besar, jadi orang ya…). Sama halnya, ketika ‘orang pinter’ melakukan prosesi penyembuhan kepada orang yang sakit dengan berbagai ritual dan mantra – mantra yang dibacakan. Atau seseorang menggunakan ‘peluluh’ agar orang lain dapat ‘lunak’ dan dapat dipengaruhinya. Itu semua adalah fenomena hipnosis, karena prinsip utama dari hipnosis adalah mempengaruhi.

Menilik dari hal tersebut, maka sekarang dikenal antara hipnosis barat dan timur atau hipnosis tradisional. Hipnosis barat digali secara ilmiah dengan berbagai eksperimen – eksperimen yang dilakukan sedangkan hipnosis timur digali dari budaya timur yang berkaitan dengan kultur dan etnik budaya setempat. Ada beberapa hal yang sama dan hal yang berbeda, namun prinsip dari kedua proses tersebut adalah satu, yaitu ”mempengaruhi”. pikiran bawah sadar seseorang.


Pada hipnosis timur atau tradisional, kita mengenal ritual – ritual dan mantra – mantra yang sering digunakan oleh pelaku. Hal tersebut sebagai sarana ‘auto sugesti’ bagi pelaku dalam menjalankan aksinya. Mereka meyakini, bahwa dengan melakukan ritual dan mantra tersebut maka pelaku yakin bahwa kehendaknya pasti berhasil. Seperti kalau seorang guru spiritual mengatakan ”dengan membaca mantra ini, maka kamu akan kebal” maka jika tingkat sugestibilitas dan akseptabilitas orang tersebut tinggi, dia akan langsung trance, mantra tsb dijadikan sebuah anchor / password. Maka sebagai PHS-nya dia akan kebal. Sedangkan, dalam hipnosis barat tidak mengenal hal tersebut. Untuk lebih jelasnya kami jelaskan lebih lanjut perbedaan hipnosis barat dan hipnosis timur / tradisional.


Dicuplik dari Buku THE REAL ART OF HYPNOSIS.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar